How to make Syllabus for Journalism
To make syllabus is not easy, so we should learn or find the reference that support your syllabus.
In my writing, it is example how to make syllabus for journalism.
|
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
U N I V E R S I T A S
T E K N O L O G I Y O G Y A K
A R T A
|
|
|
|
|
Fakultas
|
:
|
Pendidikan
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Bahasa Inggris S1
|
Nama Mata Kuliah
|
:
|
English for Journalist
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
-
|
Beban Kredit
|
:
|
2 SKS
|
Waktu : 100 Menit / Pertemuan
Pengampu : Lu’lu Faridah, S.Pd.
1. Tujuan
|
|
Pengajaran Mata kuliah English for Journalist ini bertujuan untuk:
a.
Memberikan pemahaman dan
pengetahuan tentang English for Journalist
b.
Memberikan pengetahuan
tentang struktur grammar yang benar dalam Jurnalist
c.
Memberikan skill dalam
pembuatan Jurnal yang baik dan benar
d.
Memberikan skill dalam
berkomunikasi yang efektif dengan Bahasa Inggris
|
|
2.
Deskripsi Matakuliah
|
|
Mata kuliah English for Journalist ini membekali mahasiswa untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara berkomunikasi dalam
dunia jurnal dan pembuatan jurnal yang terdiri dari beberapa kompetensi yang
harus ditempuh seperti Kind of English,
dalam materi tersebut juga disertai penjelasan tentang Grammar, Spelling, Punctuation, Reporting Speech,Style,Words, Foreign
Words, Figures. Selain itu diberikan latihan dalam pembuatan penulisan
seperti Writing News dan Writing Online sebagai tugas individu
dalam E-learning serta tugas kelompok seperti Presentation dan Diskusi
dikelas sebagai bentuk pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan.
|
|
3.
Kompetensi
|
|
3.1. Kompetensi
dari Proses Pembelajaran (Learning
Outcomes)
|
|
Kelompok Kompetensi
|
Rincian
|
Kompetensi Utama
|
Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menguasai materi English for Jurnalist selama proses perkuliahan.
2.
Mampu menerapkan materi yang disampaikan dalam pembuatan jurnal
3.
Mampu mengaplikasikan materi dan bisa mempraktikannya dalam penulisan Jurnal
|
Kompetensi Pendukung
|
Mampu menerapkan pengetahuan tentang jurnalistic dalam
dunia kerja
|
Kompetensi Lainnya
|
Mampu mengolah kata dan cara berkomunikasi dengan baik.
|
3.2. Kompetensi
Profesional (Professional Skills
Outcomes)
|
|
Kelompok
Kompetensi
|
Rincian
|
Kompetensi
Utama
|
1.
Mampu mengakses berbagai
sumber informasi yang berkaitan dengan Engliish for Jurnalistics dan berbagai
permasalahan yang dijumpai.
2.
Mampu berkomunikasi dengan
baik dan benar dalam dunia kerjamaupun kehidupan sehari-hari serta menulis dengan
tata cara yang bagus.
|
Kompetensi
Pendukung
|
Mahasiswa
mendapatkan berbagai pengetahuan yang berkaitan tentang English for
Jurnalistics
|
Kompetensi
Lainnya
|
Kemampuan
yang dimiliki mahasiswa dalam bidang jurnalistik memiliki daya saing yang tinggi dalam dunia kerja.
|
4. Materi dan Bahan Bacaan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi perkuliahan
dan bahan bacaan dalam mata kuliah English for Journalist 1 ini meliputi:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14
|
Figure
|
-
Figures
|
100 Minutes
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Final Test – Writting Journal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
Penilaian
|
||||
No.
|
Elemen Penilaian
|
Bobot (%)
|
||
1.
|
Ujian Tengah Semester
|
20%
|
||
2.
|
Ujian Akhir Semester
|
25%
|
||
3.
|
Tugas Homework (Individu)
|
25%
|
||
4.
|
Tugas Kelompok (Discussion)
|
20%
|
||
5.
|
Partisipasi Kehadiran
|
10%
|
||
Total
|
100
|
|||
6. Sumber
Bahan
|
||||
6.1. Utama
|
||||
1. Hicks, whynford, 2007.
English for Journalists Third Edition. Routledge: London and new york.
2. Hicks, whynford,1998. Writing for Journalists Second Edition. Routledge :
London and new york.
|
||||
6.2. Tambahan
|
||||
1.Sargeant, Howard. 2007. Basic English Grammar 2. United
States: Saddleback
|
||||
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Fakultas
|
:
|
Pendidikan
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan
Bahasa Inggris S1
|
Nama Mata Kuliah
|
:
|
English for
Jurnalistics
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
-
|
Beban Kredit
|
:
|
2 SKS
|
Waktu :
100 Menit / Pertemuan
Pengampu :
Lu’lu Faridah, S. Pd.
Minggu
|
Kemampuan akhir yang diharapkan
|
Materi/Pokok Bahasan
|
Metoda Pembelajaran
|
Latihan yang dilakukan
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot
|
Pustaka
|
1
|
HARD SKILL:
·
Mahasiswa
memahami kontrak perkuliahan, tujuan perkuliahan seperti yang tertuang dalam
Silabus dan SAP-EFJ 1.
·
Mahasiswwa mampu memahami
pengertian English for Jurnalistics
|
1.
Orientation to EFJ Syllabus and SAP
2.
Introduction to the Course:
English For
Journalistics
aplication?
The definition of English For
Journalistics
|
Tutorial
Group discussion.
|
·
Mahasiswa mampu mendeskripsikan
kembali tujuan dan sasaran dalam perkuliahan English for Jurnalistics
·
Mahasiswa mampu mendeskripsikan
pengertian English
For Journalistics
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
|
SOFT SKILL:
·
Mahasiswa
mampu menyampaikan gagasan (berargumentatif).
|
|||||||
2
|
HARD SKILL
·
Mahasiswa
memahami perbedaan antara penggunaan bahasa American English dan
British English
·
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan American
English dan British English
|
1. American English
2. British English
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Mahasiswa menemukan perbedan
tentang materi.
·
Mahasiswa dapat
mempraktikan dan menguasai materi.
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp. 1-15
|
SOFT SKILL
·
Mahasiswa memiliki menganalisis bahasa
·
Mahasiswa
berpikir kritis dan kreatif.
|
|||||||
3
|
HARD SKILL
·
Mahasiswa memahami
materi tentang part of speech, sentence structure,
clause dan phrase
·
Mahasiswa memahami penggunaan
part of speech, sentence structure, clause dan phrase dalam kalimat
|
1.
Part of Speech
2.
Sentence Structure
3.
Clauses
4.
Phrases
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Mahasiswa mendengarkan pemaparan tentang part
of speech, sentence structure, clause dan phrase.
·
Mahasiswa mengerjakan latihan membuat kalimat
sesuai dengan materi yang disampaikan
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp.16-29
|
|
Soft Skill:
·
Mampu menerapkan part of
speech, sentence structure, clause dan phrase dalam sebuah kalimat.
|
||||||
4
|
HARD SKILL
·
Mampu memahami kata
penghubung dalam sebuah kalimat
|
1.
Understanding uses conjuction
of sentence
2.
Make a Example
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Membuat contoh kalimat yang mengandung kalimat
penghubung.
·
Menganalisis kalimat yang menggunakan kalimat
penghubung
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp 30-40
|
|
Soft Skill:
·
Mampu menerapkan kata
penghubung dalam sebuah kalimat yang
benar
|
||||||
5
|
HARD SKILL
·
Mahasiswa memahami
kesalahan yang sering terjadi pada kalimat.
·
Mahasiswa memahami
perbedaan kalimat yang benar dan salah
|
1.
Mistake of sentence
2.
Understanding differences
mistake of sentence
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Mahaiswa menganalisis problem solving pada
kalimat
·
Mahasiswa melakukan diskusi tentang problem
solving pada kalimat
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
Pp 41-59
|
|
Soft Skill:
·
. Mahasiswa mampu membuat kalimat yang berlandasan pada grammar
|
||||||
6
|
HARD SKILL
·
Mahasiwa mampu memahami tata
cara spelling dalm jurnalistik
|
1.
How to spelling of jurnalistic
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Latihan mempraktikan spelling yang benar dalam
jurnalistik
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp.60-72
|
SOFT SKILL
·
Mampu
mengaplikasikan spelling yang baik dalam dunia kerja
|
|||||||
7
|
HARD SKILL
·
Mampu memahami penggunaan Punctuation dalam penulisan jurnalistik
|
1.
period, comma, question mark,
exclamation point, apostrophe, quotation marks, colon, Capital Letter
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Latihan menganalisis
penggunaan punctuation dalam kalimat
·
Menganalisis kesalahan yang
sering terjadi dalam penggunaan punctuation dalam kalimat
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 3
·
pp. 140-144
|
SOFT SKILL
·
Mampu menulis jurnal dengan
menggunakan punctuation
|
|||||||
8
|
HARD SKILL
·
Mampu memahami perbedaan
direct speech,indirect speech, indirect command dan indirect question pada
kalimat dalam jurnal
|
1.
Direct
Speech
2.
Indirect Speech
3.
Indirect Commands
4.
Indirect Question
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Latihan membuat kalimat yang menggunakan direct
speech, indirect speech, indirect command dan indirect question
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp.93-98
|
SOFT SKILL
·
Mampu mengaplikasikan
penggunaan direct speech, indirect speech, indirect command dan indirect
question pada jurnalistik
|
|||||||
9
|
HARD SKILL
·
. Memahami tata cara penulisan jurnal dalam Write News.
|
1.
write News
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Latihan membuat tulisan jurnal tentang berita.
·
Mengidentifikasi tata cara pembuatan Write News
|
·
Aktivitas diluar kelas (E-Learning)
|
|
·
SU 2
·
pp. 10-44
|
SOFT SKILL
·
Mampu menerapkan materi
Write News dalam dunia kerja
|
|||||||
10
|
HARD SKILL
·
Mampu membedakan style yang
digunakaan dalam Jurnalistik
|
1.
Understanding difference style
of Journal
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Menganalisis setiap style yang digunakan dalam
jurnalistik
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 2
·
pp. 150-160
|
SOFT SKILL
·
Mampu menerapkan style
jurnalistik dalam dunia kerja.
|
|||||||
11
|
HARD SKILL
·
Mampu menguasai pemahaman
pada slang words, jargon dan vogue words
|
1.
Slang Words
2.
Jargon
3.
Vogue Words
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Menganalisis penggunaan slang words, jargon,
dan vorgue words dalam jurnal
·
Berdiskusi tentang hasil analisis mengenai
slang words, jargon dan vorgue words
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp. 108-134
|
SOFT SKILL
·
Mampu menerapkan slang
words, jargon dan vorgue words dalam jurnalistik
|
|||||||
12
|
HARD SKILL
·
Mahasiswa mampu memahami
Foreign word pada kalimat jurnal
.
|
1.
Foreign Words
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Mengidentifikasi penggunaan foreign dalm
kalimat jurnal
·
Mengkritisi foreign yang digunakan dalam
kalimat jurnal
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas kelas
|
|
·
SU 1
·
pp. 135-157
|
SOFT SKILL
·
Mampu menguasai Foreign
words yang digunakan dalam jurnalistic
|
|||||||
13
|
HARD SKILL
· Mampu memahami penulisan online dalaam jurnalistik
|
1.
Writing Online
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Membuatan writing online
|
·
Aktifivitas diluar kelas (E-Learning)
|
|
·
SU 2
pp. 132-149
|
SOFT SKILL
· Mampu membuat tulisan online dalm dunia jurnalistik
|
|||||||
14
|
HARD SKILL
·
Mampu mengetahui tentang
Figures dari berbagai sumber yang didapat
|
Figures
|
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
|
·
Mencari berbagai informasi yang berkaitan
dengan Figures
·
Mendiskusikan hasil informasi tentang Figures
|
·
Partisipasi aktif selama
berada dalam kelas.
·
Aktivitas Kelas
|
|
·
SU 1
·
pp. 158-161
|
SOFT SKILL
·
Mampu mengaplikasikan
figurees dalam dunia Jurnalistic
|
|||||||
Final-test
Write Journal 25 %
|
Disahkan,
|
Mengetahui,
|
Disusun
oleh,
|
Tanggal …………………………………..
(Dr. Mustaqim
Pabbajah, MA)
Dekan Fakultas
Pendidikan
|
Tanggal …………………………………..
(……………………………………………)
Kaprodi ……………………………………
|
Tanggal
07 Januari 2016
(Lu’lu faridah, S.Pd, )
Pengampu MK EFJ
|
No comments:
Post a Comment