Tuesday, March 28, 2017

How to make Syllabus for Journalism

How to make Syllabus for Journalism

To make syllabus is not easy, so we should learn or find the reference that support your syllabus.
In my writing, it is example how to make syllabus for journalism.

 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN

U N I V E R S I T A S   T E K N O L O G I    Y O G Y A K A R T A

 

 



Fakultas
:
Pendidikan
Program Studi
:
Pendidikan Bahasa Inggris S1
Nama Mata Kuliah
:
English for Journalist
Kode Mata Kuliah
:
-
Beban Kredit
:
2 SKS
Waktu                                             :        100 Menit / Pertemuan
Pengampu                                    :          Lu’lu Faridah, S.Pd.

1. Tujuan
Pengajaran Mata kuliah English for Journalist ini bertujuan untuk:                                                             
a.       Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang English for Journalist
b.       Memberikan pengetahuan tentang struktur grammar yang benar dalam Jurnalist
c.        Memberikan skill dalam pembuatan Jurnal yang baik dan benar
d.       Memberikan skill dalam berkomunikasi yang efektif dengan Bahasa Inggris
2. Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah English for Journalist ini membekali mahasiswa untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara berkomunikasi dalam dunia jurnal dan pembuatan jurnal yang terdiri dari beberapa kompetensi yang harus ditempuh seperti Kind of English, dalam materi tersebut juga disertai penjelasan tentang Grammar, Spelling, Punctuation, Reporting Speech,Style,Words, Foreign Words, Figures. Selain itu  diberikan latihan dalam pembuatan penulisan seperti Writing News dan Writing Online sebagai tugas individu dalam E-learning serta tugas kelompok seperti Presentation dan Diskusi dikelas sebagai bentuk pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan.
3. Kompetensi
3.1. Kompetensi dari Proses Pembelajaran (Learning Outcomes)
Kelompok Kompetensi
Rincian
Kompetensi Utama
Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
1.       Menguasai materi English for Jurnalist selama proses perkuliahan.
2.       Mampu menerapkan materi yang disampaikan dalam pembuatan jurnal
3.       Mampu mengaplikasikan materi dan bisa mempraktikannya dalam penulisan Jurnal
Kompetensi Pendukung
Mampu menerapkan pengetahuan tentang jurnalistic dalam dunia kerja
Kompetensi Lainnya
Mampu mengolah kata dan cara berkomunikasi dengan baik.
3.2. Kompetensi Profesional (Professional Skills Outcomes)
Kelompok Kompetensi
Rincian
Kompetensi Utama
1.   Mampu mengakses berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan Engliish for Jurnalistics dan berbagai permasalahan yang dijumpai.
2.   Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar dalam dunia kerjamaupun kehidupan sehari-hari serta menulis dengan tata cara yang bagus.

Kompetensi Pendukung
Mahasiswa mendapatkan berbagai pengetahuan yang berkaitan tentang English for Jurnalistics
Kompetensi Lainnya
Kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam bidang jurnalistik memiliki daya  saing yang tinggi dalam dunia kerja.

4. Materi dan Bahan Bacaan
Materi perkuliahan dan bahan bacaan dalam mata kuliah English for Journalist 1 ini meliputi:

Meeting
Topic
Sub-Topic
Remarks

1
Class Orientation:


Introduction to the Course:
 What is Journalist?
Orientation to Syllabus/SAP

-          The definition of English for Jurnalistics


100 Minutes
2
What kind of English ?

-          American English
-          British English

100 Minutes
3
Grammar : The Rule
-          Part of Speech
-          Sentence Structure
-          Clauses
-          Phrases
100 Minutes
4
Grammar : 10 Common Mistakes
-          Understanding uses conjuction of sentence
-          Make a example
100 Minutes
5
Grammar : Problem and Confusion
-          Mistake of sentence
-          Understnding differences mistake of sentence
100 Minutes
6
Spelling
-          How to spelling of jurnalistic
100 Minutes
7
Punctuation
-          period, comma, question mark,
exclamation point, apostrophe, quotation marks, colon,  Capital Letter 
100 Minutes
Mid-Term Test                   -                  (25%)
8
Reporting Speech
-          Direct Speech 
-          Indirect Speech 
-          Indirect Commands 
-          Indirect Questions
100 Minutes
9
Writing News
-          write News
E-Learning
10
Style
-          Understanding difference style of Journal
100 Minutes
11
Words
-          Slang Words
-          Jargon
-          Vogue words

100 Menit
12
 Foreign Words
-          Foreign Words
100 Menit
13
Writting Online
-          Writing Online
E-Learning

14
Figure
-          Figures
100 Minutes


Final Test – Writting Journal


5. Penilaian

No.
Elemen Penilaian
Bobot (%)

1.
Ujian Tengah Semester
20%

2.
Ujian Akhir Semester
25%

3.
Tugas Homework (Individu)
25%

4.
Tugas Kelompok (Discussion)
20%

5.
Partisipasi Kehadiran
10%

Total
100


6. Sumber Bahan

6.1. Utama

1.       Hicks, whynford, 2007. English for Journalists Third Edition. Routledge: London and new york.
2.       Hicks, whynford,1998. Writing for Journalists Second Edition. Routledge : London and new york.

6.2. Tambahan

1.Sargeant, Howard. 2007. Basic English Grammar 2. United States: Saddleback


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Fakultas
:
Pendidikan
Program Studi
:
Pendidikan Bahasa Inggris S1
Nama Mata Kuliah
:
English for Jurnalistics
Kode Mata Kuliah
:
-
Beban Kredit
:
2 SKS
                                          Waktu                                               :        100 Menit / Pertemuan
                                                                       Pengampu                                     :        Lu’lu Faridah, S. Pd.


Minggu
Kemampuan akhir yang diharapkan
Materi/Pokok Bahasan
Metoda Pembelajaran
Latihan yang dilakukan
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot
Pustaka
1
HARD SKILL:


·         Mahasiswa memahami kontrak perkuliahan, tujuan perkuliahan seperti yang tertuang dalam Silabus dan SAP-EFJ 1.
·         Mahasiswwa mampu memahami pengertian English for Jurnalistics







1.        Orientation to EFJ Syllabus and SAP


2.        Introduction to the Course:
English For Journalistics
aplication?

The definition of English For Journalistics







Tutorial
Group discussion.


·         Mahasiswa mampu mendeskripsikan kembali tujuan dan sasaran dalam perkuliahan English for Jurnalistics
·         Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian English For Journalistics

·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas













SOFT SKILL:
·         Mahasiswa mampu menyampaikan gagasan (berargumentatif).
  • Mahasiswa memiliki interpersonal skill

2
HARD SKILL
·         Mahasiswa memahami perbedaan antara penggunaan bahasa American English dan British English
·         Mahasiswa mampu mendeskripsikan American English dan British English


1.      American English
2.      British English

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·         Mahasiswa menemukan perbedan tentang materi.
·         Mahasiswa dapat mempraktikan dan menguasai materi.

·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 1
·      pp.  1-15




SOFT SKILL
·         Mahasiswa memiliki menganalisis bahasa
·         Mahasiswa berpikir kritis dan kreatif.

3
HARD SKILL
·             Mahasiswa memahami materi tentang part of speech, sentence structure, clause dan phrase
·             Mahasiswa memahami penggunaan part of speech, sentence structure, clause dan phrase dalam kalimat

1.        Part of Speech
2.        Sentence Structure
3.        Clauses
4.        Phrases

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·         Mahasiswa mendengarkan pemaparan tentang part of speech, sentence structure, clause dan phrase.
·         Mahasiswa mengerjakan latihan membuat kalimat sesuai dengan materi yang disampaikan

·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 1
·      pp.16-29




Soft Skill:
·         Mampu menerapkan part of speech, sentence structure, clause dan phrase dalam sebuah kalimat.

4
HARD SKILL
·            Mampu memahami kata penghubung dalam sebuah kalimat
1.        Understanding uses conjuction of sentence
2.        Make a Example

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·            Membuat contoh kalimat yang mengandung kalimat penghubung.
·            Menganalisis kalimat yang menggunakan kalimat penghubung
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas




·      SU 1
·      pp 30-40






Soft Skill:
·             Mampu menerapkan kata penghubung dalam sebuah kalimat  yang benar
5
HARD SKILL
·            Mahasiswa memahami kesalahan yang sering terjadi pada kalimat.
·            Mahasiswa memahami perbedaan kalimat yang benar dan salah
1.        Mistake of sentence
2.        Understanding differences mistake of sentence

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·            Mahaiswa menganalisis problem solving pada kalimat
·            Mahasiswa melakukan diskusi tentang problem solving pada kalimat
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas




·      SU 1
·      Pp 41-59



Soft Skill:
·         . Mahasiswa mampu membuat kalimat yang berlandasan pada grammar

6
HARD SKILL
·         Mahasiwa mampu memahami tata cara spelling dalm jurnalistik
1.       How to spelling of jurnalistic
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·         Latihan mempraktikan spelling yang benar dalam jurnalistik
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas




·      SU 1
·      pp.60-72

SOFT SKILL
·         Mampu mengaplikasikan spelling yang baik dalam dunia kerja
7
HARD SKILL
·             Mampu memahami penggunaan Punctuation dalam penulisan jurnalistik
1.          period, comma, question mark, exclamation point, apostrophe, quotation marks, colon,  Capital Letter 
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises

·                Latihan menganalisis penggunaan punctuation dalam kalimat
·                Menganalisis kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan punctuation dalam kalimat
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 3
·      pp. 140-144



SOFT SKILL
·         Mampu menulis jurnal dengan menggunakan punctuation
8
HARD SKILL
·         Mampu memahami perbedaan direct speech,indirect speech, indirect command dan indirect question pada kalimat dalam jurnal
1.     Direct Speech 
2.     Indirect Speech
3.     Indirect Commands
4.     Indirect Question

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·            Latihan membuat kalimat yang menggunakan direct speech, indirect speech, indirect command dan indirect question
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 1
·      pp.93-98



SOFT SKILL
·         Mampu mengaplikasikan penggunaan direct speech, indirect speech, indirect command dan indirect question pada jurnalistik
9
HARD SKILL
·       . Memahami tata cara penulisan jurnal dalam Write News.

1.       write News
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·         Latihan membuat tulisan jurnal tentang berita.
·         Mengidentifikasi tata cara pembuatan Write News
·         Aktivitas diluar kelas (E-Learning)



·      SU 2
·      pp. 10-44

SOFT SKILL
·         Mampu menerapkan materi Write News dalam dunia kerja
10
HARD SKILL
·         Mampu membedakan style yang digunakaan dalam Jurnalistik
1.        Understanding difference style of Journal

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·         Menganalisis setiap style yang digunakan dalam jurnalistik
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 2
·      pp. 150-160



SOFT SKILL
·         Mampu menerapkan style jurnalistik dalam dunia kerja.

11
HARD SKILL
·         Mampu menguasai pemahaman pada slang words, jargon dan vogue words
1.          Slang Words
2.          Jargon
3.          Vogue Words

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises

·         Menganalisis penggunaan slang words, jargon, dan vorgue words dalam jurnal
·         Berdiskusi tentang hasil analisis mengenai slang words, jargon dan vorgue words
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 1
·      pp. 108-134
SOFT SKILL
·         Mampu menerapkan slang words, jargon dan vorgue words dalam jurnalistik
12
HARD SKILL
·         Mahasiswa mampu memahami Foreign word pada kalimat jurnal
.
1.       Foreign Words
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises

·         Mengidentifikasi penggunaan foreign dalm kalimat jurnal
·         Mengkritisi foreign yang digunakan dalam kalimat jurnal
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas kelas



·      SU 1
·      pp. 135-157
SOFT SKILL
·         Mampu menguasai Foreign words yang digunakan dalam jurnalistic
13
HARD SKILL
·      Mampu memahami penulisan online dalaam jurnalistik

1.      Writing Online
Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises

·       Membuatan writing online
·         Aktifivitas diluar kelas (E-Learning)


·      SU 2
pp. 132-149
SOFT SKILL
·       Mampu membuat tulisan online dalm dunia jurnalistik

14
HARD SKILL
·            Mampu mengetahui tentang Figures dari berbagai sumber yang didapat
Figures

Tutorial
Group discussion
Discovery learning
Exercises
·          Mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan Figures
·          Mendiskusikan hasil informasi tentang Figures
·         Partisipasi aktif selama berada dalam kelas.
·         Aktivitas Kelas




·      SU 1
·      pp. 158-161








SOFT SKILL
·         Mampu mengaplikasikan figurees dalam dunia Jurnalistic
Final-test Write Journal 25 %

Disahkan,
Mengetahui,
Disusun oleh,
Tanggal …………………………………..

(Dr. Mustaqim Pabbajah, MA)
Dekan Fakultas Pendidikan
Tanggal …………………………………..

(……………………………………………)
Kaprodi ……………………………………
          Tanggal 07 Januari 2016

(Lu’lu faridah, S.Pd, )
Pengampu MK EFJ





                                                         










No comments:

Post a Comment

THE ROLE OF YOUNG GENERATION IN COUNTER-TERRORISM

THE ROLE OF YOUNG GENERATION IN COUNTER-TERRORISM 1.       Introduction Thesis statement : The young generation is majority target from...